Pantaskah Promosi Menggantikan Khotbah Gereja?

Hari Minggu, 6 Maret 2011, adalah minggu terakhir sebelum Masa Prapaskah. Biasanya, Pastor membacakan Surat Gembala dari Uskup sebagai pengganti khotbah. “Saya yakin, anda semua bisa membaca sendiri Surat gembakal pada lembaran yang sudah dibagikan di pintu masuk Gereja”, Pastor membuka khotbah. Setelah itu beliau melanjutkan dengan khotbah mengenai pendidikan, yang diakhiri dengan pernyataan bahwa sebuah sekolah (yang mungkin diwakili Pastor tersebut) memiliki sistem pendidikan yang terbaik

Saya baru saja mendengar Pastor mengganti khotbah di Gereja dengan sebuah iklan!

“Ini bukan pertama kali”, komentar ibu saya, pengunjung tetap Gereja tersebut. “Beberapa bulan yang lalu khotbah mengenai sebuah buku, lengkap dengan ulasan isi dan biografi pengarang”

Saya tersenyum pahit. Alkitab jelas mencatat bahwa Yesus mengobrak-abrik lapak orang yang berjualan di Bait Allah. Memang, Pastor kami tidak menjual barang secara fisik di dalam Gereja. Tapi, dengan mengganti khotbah dengan iklan, bukankah sama saja?

Lagipula, saya tidak datang ke Gereja, ke Perayaan Ekaristi mingguan untuk mendengarkan iklan. Kalau memang mencari iklan, cukup dengan menyalakan TV. Iklan yang bisa dilihat jauh lebih menarik, tanpa perlu susah payah bangun pagi dan keluar rumah.

Atau, coba bayangkan skenario ini: Dalam sebuah rapat mingguan di kantor, atasan anda berkata: “Kalian semua bisa baca apa yang akan saya sampaikan di email yang saya kirimkan sebelum rapat.” Dan kemudian atasan anda mulai melakukan promosi buku yang baru dia tulis, atau bisnis MLM yang baru dia jalankan. Oh, semoga Pastor di Gereja tidak tergoda untuk mulai melakukan promosi MLM.

Pada dasarnya, saya tidak keberatan dengan iklan apapun di Gereja, baik itu mengenai buku baru, atau tentang sebuah sekolah. Tapi, ada tempat dan waktu dimana iklan itu dipasang. Di Gereja ada papan pengumuman. Selebaran bisa dibagikan di tempat parkir. Tapi, ketika iklan dilakukan didalam Ibadat, saya rasa itu sudah tidak pantas!

Leave a Reply

